Sukses

Bisul Pada Bekas Luka Operasi

19 Jan 2016, 11:20 WIB
Pria, 31 tahun.

Dear dok, sebulan stlh operasi cesar, muncul benjolan merah dan keras seperti bisul di perut dekat operasi, memang tdk ada matanya. Terasa sakit. Wkt dipijit keras keluar darah. Sekali muncul 3-4 benjolan, stelah hilang,muncul lagi benjolan baru. Bahkn pernah 8 benjolan muncul. Sy tanya k dokter yg mengoperasi sy, beliau jg tdk tahu apa penyebabnya. Obat yg beliau kasih jg tdk mampu menghilangkn bisul itu hingga 3 bln pasca csr. Kira kira apa penyebabnya dok? Ats pnjlsnny kami ucpkn trims.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, untuk kondisi yang istri anda alami memang idelanya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ini dugaan kami benjolan berisi darah pada bekas luka operasi istri anda mengarah kepada proses penyembuhan lukaoperasi yang tidak sempurna.

Perdarahan dan nanah yang terjadi setelah operasi sesar, biasanya memang disebabkan oleh karena terjadinya infeksi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti masuknya kuman pada saat operasi, karena pada saat operasi, terdapat daerah yang terbuka sedangkan diudara banyak sekali kuman sehingga apabila daya tahan tubuh kita kurang baik mudah sekali terjadi infeksi, dapat juga karena sterilitas pada saat operasi baik alat dan perangkatnya kurang baik. Untuk itum dalam proses penyembuhan diperlukan perawatan luka yang baik serta mencukupi kebutuhan nutrisi terutama asupan tinggi protein untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Perawatan pasca operasi sesar, tidak ada yang khusus, sama dengan perawatan luka biasa. Hanya karena perut disayat agak besar, dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat, mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan jahitan dapat terbuka. Jagalah daerah bekas operasi tetap kering dan bersih dengan mengganti perban sehari 2 kali. Tapi biasanya post sesar selama 5-7 hari tidak diperkenankan mengganti perban sendiri, nanti pada saat kontrol baru diganti oleh Dokter Kandungan. Untuk lama penyembuhan bekas luka operasi umumnya sekitar 3-6 bulan.

Kami menganjurkan agar istri anda tetap rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan luka operasi kepada dokter agar proses penyembuhan luka dapat selalu terpantau dan mengatasi komplikasi yang terjadi.

Demikian, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar