Sukses

Infeksi Pada Bekas Sunat

19 Feb 2016, 21:14 WIB
Pria, 35 tahun.

salam... suatu pagi, saya menemukan badan saya seperti masuk angin saat bangun tidur, dan terasa sakit di atas selangkangan, siangnya badan agak demam, tapi sembuh pada sore harinya. hari berikutnya saya dapati bekas jahitan sunat bengkak, tapi bagian batang penis tidak membengkak, ujung penis juga terlihat sedikit bengkak, tapi sayaa sudah tidak merasa demam, dan jika kencingpun tidak merasakan sakit. bila bagian bengkak saya sentuh, agak sedikit terasa nyeri. kira2 apa yang harus saya lakukan dok? thanks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah sunat bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka sunat dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Bagaimana dengan Anda? Sudah berapa lama tepatnya bekas sunat Anda?Apakah ada keluhan lain?Apakah Anda memiliki penyakit penyerta lainnya?

Apabila pada daerah bekas sunat ada tanda infeksi, seperti bengkak, kemerahan, nyeri atau bahkan keluar naanh sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah. Dibuthkn penanganan medis untuk mengatasi infeksi yang terjadi.

Menjaga kebersihan daerah sekitar bekas sunat sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi yang dapat memperlambat penyembuhan bekas sunat. Ganti pakaian dalam secara rutin 2x per hari, bersihkan bekas sunat yang masih kemerahan dengan kassa yang dibasahi rivanol. Apabila keluhan tidak juga membaik, sebaiknya Anda mengunjungi dokter.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar