Sukses

Penyebab Kista dan Apa itu HSG?

19 Feb 2016, 17:16 WIB
Wanita, 30 tahun.

Penyebab timbulnya kista? apa itu tes HSG? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk menjawab pertanyaan anda, akan kami jelaskan dahulu aoa itu kista.

Kista merupakan suatu benjolan/tumor berisi cairan ataupun kumpulan darah yang umumnya berbentuk seperti buah bertangkai. Sebenarnya kista bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, dari paru-paru hingga usus. Namun, bila berbicara kista pada wanita, biasanya ada pada indung telur, lantaran itu dinamakan kista indung telur.

Pada kasus ini, ada sebagian atau seluruh indung telur penderita berubah menjadi massa atau tumor yang berisi cairan. Kista ini bisa dialami wanita kapan pun, baik sedang hamil dan tidak, pada usia berapa pun, dan pada kehamilan ke berapa pun.

Jenis kista
Banyak sekali. Antara lain kista serosum dengan isi cairan bening berwarna kekuningan. Kista yang biasanya dipengaruhi oleh siklus haid ini akan membesar (terjadi penambahan cairan) saat menstruasi. Ada pula kista musinosum yang memiliki cairan lendir lengket.

Sementara kista dermoid mengandung tak hanya cairan tapi juga ada partikel lainnya seperti rambut, gigi, dan sebagainya. Kista endometriosis atau kista cokelat merupakan kista yang berisi kumpulan cairan darah. Kista ini berasal dari sel-sel selaput perut yang disebut peritoneum. Indung telur yang memiliki kista ini akan mengembang dan bertambah besar.

Bila dilihat dari ukurannya, ada kista berukuran kecil (sekitar 2-3 cm atau di bawah 5 cm), ada yang ukuran sedang (di atas 5 cm), dan ada yang ukurannya besar (di atas 6 atau 10-12 cm). Sementara jika dilihat dari hispatologinya, ada kista yang jinak atau fisiologis saja. Ada juga yang menunjukkan keganasan.

Keluhan dan gejala
Umumnya ibu akan merasakan nyeri atau rasa tak enak di bagian panggul/ pelvic. Kista yang besar akan teraba seperti benjolan pada bagian perut. Perut pun akan tampak seperti cembung. Jika digoyangkan, perut seperti berisi cairan.

Pada kista yang menimbulkan keganasan biasanya ada penurunan berat badan yang siginifikan (sekitar 5-10 kg) tanpa sebab jelas. Bentuk tubuh penderita pun tampak tidak proporsional. Beberapa kista muncul tanpa gejala klinis berarti dan baru ditemui ketika dilakukan konfirmasi pemeriksaan kehamilan. Kista ini akan terlihat lewat pemeriksaan USG dan makin jelas dengan USG transvaginal.

Jika anda mengalami hal yang demikian, jangan ragu untuk memeriksakan diri anda kepada dokter spesialis Kebidanan dan kandungan (spOG).

 

Pertanyaan Anda berikutnya, apa itu HSG?

Hysterosalpingography atau HSG merupakan pemeriksaan dengan memasukkan media kontras  untuk memperlihatkan bentuk, ukuran dan posisi rahim serta tuba fallopi. Dapat pula untuk memperlihatkan lesi seperti polip, tumor atau fistula dan untuk memeriksa patensi tuba fallopi pada kasus sterilitas.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemeriksaab HSG adalah;

  • HSG biasanya dilakukan pada 2 – 5 hari setelah haid terakhir dan sebelum terjadi ovulasi
  • HSG tidak dapat dilakukan pada wanita yang memiliki infeksi didaerah panggul atau memiliki penyakit menukar seksual. Jika ada, penyakit harus terlebih dahulu diobati hingga tuntas.
  • Sehari sebelum prosedur dilakukan, Anda dapat diberikan laksatif/pencahar untuk pembersihan usus besar dengan tujuan agar hasil foto lebih jelas
  • Pada beberapa kasus dapt diberikan antibiotik sebelum dan sesudah prosedur HSG

Pada saat dilakukan tindakan, prosedur umumnya untuk memasukkan kontras digunakan kateter (tube/pipa). Bila kateter karet tidak dapat mencapai mulut rahim, maka dapat digunakan kateter metal atau logam. Anda dapat menjalani pemeriksaan ini setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungn.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar