Sukses

Hipertensi Dalam Kehamilan

19 Feb 2016, 17:38 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok,obat atw makanan u/ menurunkan tekanan yg cocok u/ ibu menyusui apa ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tekanan apa yang anda maksud? apakah tekanan darah yang tinggi selama kehamilan?

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apakah sebelum kehamilan juga telah ada tekanan darah tinggi? Ataukah tekanan darah tinggi baru muncul selama kehamilan? Seberapa tinggi tekanan darah tersebut? Adakah keluhan pusing berlebihan, nyeri ulu hati, bengkak pada kaki? Untuk tekanan darah yang baru tinggi saat kehamilan, atau disebut preeklamsia, (pada saat tidak hamil tidak terdapat peningkatan tekanan darah) maka kemungkinan berulangnya sangat tinggi.

Peningkatan tekanan darah terjadi pada 3-10% kehamilan. Peningkatan tekanan darah tinggi dalam kehamilan terbagi atas 4 bagian besar :

  • hipertensi kronik
  • pre-eklampsia ringan, pre-eklampsia berat, eklampsia
  • hipertensi kronik dengan superimposed eklampsia
  • hipertensi gestasional

Hipertensi kronik dapat terjadi sebelum kehamilan atau baru muncul pada kehamilan trimester pertama (early pregnancy) atau sebelum usia kehamilan 20 minggu. Penyebab dari hipertensi kronik ini terbagi atas esensial (tidak diketahui penyebabnya) dan sekunder. Sekunder dalam hal ini adalah hipertensi yang disebabkan karena penyakit lain seperti penyakit ginjal dan gangguan endokrinologi (hormonal) seperti diabetes, hipertiroid.

Untuk penanganan tergantung dari jenis hipertensi yang terjadi. Selain itu, anda juga diminta untuk melakukan Diet cukup protein, rendah karbohidrat, lemak dan garam. Lakukan pemeriksaan kehamilan rutin kepada dokter Anda, dan untuk pengobatan tentunya berada dalam pengawasan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar