Sukses

Terserang Herpes Saat Menyusui

19 Feb 2016, 16:35 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dok. Saya ibu 1 anak. Masih menyusui. Sy tiba2 terkena herpes. Menurut dokter ini herpes simplex dan menyerang bahu dan lengan kiri saya. Sy sudah diberi obat salep acyclovir. Tp sudah 5 hari belum membaik. Apa saja yg bisa saya lakukan utk mempercepat penyembuhan namun aman utk menyusui? Apa herpes dapat berulang atau kambuh? Lalu apa saya harus memisah cucian baju saya? Dan apa penyebab penyakit ini muncul? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa penyakit herpes terdiri dari dua macam, yaitu herpes zoster dan herpes simpleks.

Herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi infeksi virus varicella-zooster yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela) yang menyerang kulit dan mukosa.

Sedangkan herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamin dan mukosa mulut. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual.

Hingga saat ini belum ada terapi yang dapat memberikan kesembuhan total terhadap infeksi virus herpes simpleks. Akan tetapi pemberian obat antivirus tertentu (seperti asiklovir, valasiklovir, famsiklovir) dapat membantu memendekkan durasi penyakit dan memperpanjang interval kekambuhan. Oleh karena itu, pernyakit herpes dapat kembali menyerang anda, terutama disaat kekebalan tubuh Anda sedang turun.

Yang terpenting adalah menjaga kekebalan tubuh dengan asupan nutrisi cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur.

Penyakit herpes diketahui sebagai penyakit yang mudah menyebar. Penularan penyakit ini secara mudah terjadi ketika seorang bukan penderita melakukan kontak langsung dengan penderita herpes. Kontak langsung yang dimaksud meliputi berhubungan seks, berciuman serta bersentuhan pada bagian tubuh yang luka akibat herpes.

Seorang ibu penderita herpes tetap dapat menyusui anaknya, karena ASI tidak dapat terkontaminasi dengan virus HSV. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa meskipun tidak ada virus HSV dalam ASI, luka pada bagian payudara membawa risiko yang sama untuk bayi terjangkit virus herpes. Untuk itu perlu dipastikan tidak ada luka herpes disekitar payudara anda yang dapat berkontak langsung dengan anak.

Untuk menghindari persebaran virus herpes saat proses menyusui, ada beberapa cara yang dapat dilakukan;

  • apabila lesi herpes berada di sekitar payudara, anda dapat meletakkan handuk agar tidak tersentuh bayi.
  • menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun, hal ini dapat memutus rantai penularan penyakit jika anda lakukan dengan benar.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar