Sukses

Gejala Saraf Terjepit dan Penyebab Mata Silau

18 Feb 2016, 22:54 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat Pagi dok, saya mengajukan beberapa pertanyaan, Gejala dari ada nya saraf terjepit dibagian pinggang itu apa sih dok ? (pernah terbentur saat kecelakaan) terus, kalo pandangan mata kita apabila terkena cahaya sangat terasa silau itu penyebabnya apa yah dok ? karena akhir-akhir ini saya mengalami hal itu.. mohon informasi nya dok, Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saraf Terjepit atau Hernia Nucleosus Pulposus  adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Beberapa gejala yang perlu diperhatikan secara seksama bila bagian yang bermasalah adalah tulang belakang bagian punggung / pinggang, maka rasa sakit akan dirasakan di salah satu bagian dari kaki, pinggul, atau bokong. Sakit dapat menjalar atau disertai kesemutan atau rasa kebas di daerah tersebut sampai ke betis dan telapak kaki. Dapat juga dirasakan rasa lemas/lemah pada kaki tersebut. Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah.

Bila anda merasakan adanya gejala-gejala tersebut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, spesialis saraf untuk evaluasi lebih lanjut (pemeriksaan fisik dan MRI) agar mendapatkan terapi yang tepat.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat membaca beberapa artikel berikut ini :

Sedangkan Keluhan mata silau dapat disebabkan oleh : 

  • Terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata 
  • Keadaan Albinism
  • Stimulasi berlebihan dari receptor di retina mata
  • Aliran listrik yang berlebihan di saraf optikus 
  • Respons berlebihan pada saraf optikus (mata) 

Banyak sekali penyakit yang dapat menyebabkan hal ini dari kelainan pada organ mata, kelainan pada saraf hingga infeksi. Oleh karena itu kami harapkan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar