Sukses

Berpergian Ke Luar Negeri Saat Usia Kehamilan 12 Minggu

24 Apr 2015, 10:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, Mo tanya sy hamil 12 minggu apakah aman kalo ingin berpergian k singapura-malaysia? Perlu ad vaksinasi trhdap virus tertentu tidak? Mksih n mhon infonya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Berdasarkan rekomendasi American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), waktu teraman bagi seorang ibu hamil untuk berpergian adalah pada triwulan kedua kehamilan (minggu 14 - 28) karena pada masa ini, risiko komplikasi kehamilan (seperti abortus spontan/keguguran atau kelahiran prematur) paling rendah. 

Berpergian jauh pada trimester pertama berbahaya bagi yang kehamilannya berisiko tinggi. Contoh seperti riwayat keguguran sebelumnya. Pada usia kehamilan 12 minggu, selama kondisi anda sehat saat hamil dan tidak terdapat komplikasi selama hamil, tidak menjadi masalah jika anda ingin bepergian dengan menggunakan pesawat terbang jarak dekat.

Namun biasanya bepergian dengan menggunakan pesawat terbang akan memperburuk keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil terutama di trimester pertama, seperti mual-mual, muntah, sakit pinggang akibat duduk terlalu lama, dll. Karena itu sebaiknya anda sudah mempersiapkan diri dengan obat-obatan dari dokter anda untuk menangani hal-hal tersebut. 

Sebaiknya, Ibu mengkonsultasikan hal ini kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang merawat Ibu karena beliau yang paling mengerti mengenai keadaan kehamilan Ibu. Jika memang kehamilan Ibu tidak memiliki risiko. Beberapa keadaan yang perlu dipertimbangkan antara lain:Jika jadi berangkat, dalam perjalanan pastikan Ibu duduk dalam posisi yang nyaman. Kedua tungkai sebaiknya diberikan bantalan (diletakkan pada posisi yang lebih tinggi), dan cukup minum. Cari informasi mengenai klinik atau rumah sakit di kota tujuan yang dapat Ibu kunjungi bila Ibu mengalami keluhan, seperti nyeri pada perut bagian bawah, perdarahan (spotting), dll.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar