Sukses

Anak Suka Pipis Di Celana

18 Feb 2016, 23:28 WIB
Wanita, 33 tahun.

dok..saya mama aisya mau tanya,umur aisya 3 th dok,kebiasaan anak saya dok suka pipis d celana padahal udah d ksih tau dok tp blm berubah jg dok..tlg dok gmn solusinya dok..thask dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Masa peralihan dari popok ke toilet memang perubahan yang besar bagi Anak dan merupakan sesuatu yang harus dipelajari. Selain perubahan kebiasaan juga terjadi perubahan psikologis yang signifikan pada Anak. Toilet training adalah suatu proses melatih anak untuk buang air kecil atau buang air besar di toilet. Toilet training membutuhkan bimbingan yang intens, waktu dan kesabaran.

Anda harus mencermati kondisi seperti apa yang menyebabkan anak anda tidak mau mengatakan saat harus buang air. Bisa jadi salah satunya karena anak lebih tertarik bermain, sehingga enggan menghentikan kegiatan bermainnya untuk pergi ke toilet. Bila yang terjadi seperti itu, Anda dapat mengatasinya dengan mengenali tanda saat si anak sudah mulai ada keinginan untuk buang air kecil. Misalnya ia sudah mulai melipat kedua kakinya ke tengah tanda ia sebenarnya ingin buang air kecil. Segera ajak anak Anda untuk pergi ke toilet, katakan bahwa ia bisa bermain kembali setelah selesai buang air kecil.

Bila keluhan yang terjadi pada anak Anda kerap berulang dan berkelanjutan, biasanya ada faktor psikologis yang mendasari. Misalnya Anda baru saja pindah rumah, atau pengasuhnya baru saja berganti. Hal ini dapat mempengaruhi keberhasilan toilet training juga. Evaluasi kembali kondisi seperti apa yang terjadi pada buah hati Anda.

Bagaimanapun, pada kondisi tertentu mungkin saja tidak ada faktor spesifik yang mendasari. Memang dibutuhkan banyak kesabaran dalam mengajarkan anak untuk dapat buang air sendiri. Jangan memarahi anak, karena pada dasarnya peralihan dari popok ke toilet adalah perubahan yang besar bagi Anak dan merupakan proses yang tidak dapat dipelajri dalam waktu singkat. Kuncinya adalah sabar dan tetap konsisten.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar