Sukses

Berat Janin Usia Kehamilan 20 Minggu
24 Apr 2015, 11:37 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat sore dok, saya wanita 21 tahun tengah hamil 20W2D berat badan janin saya 343 Gram, apakah terlalu kecil atau normal bayi saya untuk umur kandungan 20W ??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Selamat atas kehamilan Anda. Semoga Anda dan janin yang dikandung senantiasa dalam keadaan sehat selalu.

Untuk usia kehamilan 20 minggu, berat janin yang normal adalah sekitar 300 gram. Meskipun berat janin Anda terlihat lebih besar sedikit, namun masih dalam rentang normal sehingga anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena akan banyak perubahan pertumbuhan yang akan terjadi selama perkembangan janin hingga mencapai usia 40 minggu. 

Yang terpenting adalah Anda rutin melakukan pemeriksaan kandungan dan menjaga kesehatan Anda dan janin. Oleh karenanya, ibu perlu menjaga asupan nutrisi, istirahat cukup, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Janin juga seperti layaknya manusia dewasa, ia beraktivitas, butuh nutrisi, dan butuh tidur setiap harinya. 

 

Untuk menilai perkembangan janin Anda, perlu dilakukan USG kehamilan rutin. Fungsi dari USG kehamilan antara lain:

  • Untuk mendiagnosis dan memastikan adanya kehamilan. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan sekitar 5 minggu. USG juga ditujukan untuk melihat lokasi kehamilan (di dalam rahim atau diluar rahim)
  • Untuk mengetahui bila terdapat perdarahan dalam kehamilan
  • Untuk menentukan usia kehamilan dan ukuran janin
  • Untuk mendiagnosis adanya cacat janin 
  • Untuk mengetahui letak plasenta
  • Untuk mengetahui adanya kehamilan kembar
  • Untuk memperkirakan jumlah air ketuban

Dalam keadaan normal, seorang wanita perlu melakukan minimal 4 kali pemeriksaan USG selama kehamilannya, yaitu :

  1. Pemeriksaan pertama pada usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk mengkonfirmasi kehamilan, menyingkirkan kemungkinan hamil diluar kandungan, melihat denyut jantung janin dan mengukur panjang janin (crown-rump length)
  2. Pemeriksaan kedua saat usia kehamilan trimester kedua untuk mendeteksi adanya cacat janin. Pada usia ini, ukuran janin sudah cukup besar sehingga dokter dapat mendeteksi kelainan anatomi janin dengan lebih akurat. Disamping itu, pemeriksaan USG kedua ini juga bertujuan untuk memastikan diagnosis hamil kembar, mengevaluasi pertumbuhan janin dan letak plasenta
  3. Pemeriksaan ketiga dan ke empat saat janin masuk usia trimester ketiga untuk mengevaluasi ukuran dan berat janin (pertumbuhan janin), mendeteksi lebih lanjut kelainan janin, posisi plasenta (ari-ari)

Berikut kami lampirkan beberapa artikel yang dapat bermanfaat bagi Anda:

Mengenali Perubahan Tubuh Saat Kehamilan Anda dan Pertumbuhan Janin

Kalender Kehamilan : Minggu Ke-20

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar