Sukses

Gejala Anemia

17 Feb 2016, 20:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

selamat siang dok saya perempuan berusia 20 dengan keluhan kalau kecapekan sedikit langsung kringat dingin pandangan gelap lalu muntah dan pingsan..wajah jadi pucat sampai bibir berwarna putih riwayat sakit saya punya anemia,pernah operasi pengangkatan kista apa ini gejala anemia yg semakin parah dok? bagaimana solusinya trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan jumlah sel darah merah yang sehat yang berfungsi untuk mengantarkan makanan (nutrisi) dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Hemoglobin adalah protein yang merupakan bagian utama sel darah merah yang dapat berikatan dengan oksigen.

Bila seseorang memiliki jumlah hemoglobin yang rendah atau memiliki sel darah merah yang abnormal, maka sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Gejala anemia seperti lelah terjadi akibat organ tubuh tidak mendapatkan “bahan bakar” (oksigen) yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan semestinya. Pusing yang dialami pada penderita anemia diakibatkan karena kurangnya oksigen yang dialirkan ke otak.

Mengetahui gejala yang dapat ditimbulkan oleh anemia sangatlah penting. Gejala yang dapat dikeluhkan antara lain seperti:

  • Mudah lelah,
  • Pusing,
  • Sakit kepala,
  • Gangguan konsentrasi,
  • Wajah pucat,
  • Sesak napas,
  • Nyeri dada dan berdebar-debar.

Bila merasakan adanya gejala anemia, penting sekali untuk segera mengambil langkah secepatnya (mengunjungi dokter) untuk memastikan kondisi dan penyebab sehingga dapat diketahui apakah ada kondisi serius lain yang mendasarinya.Untuk sakit kepala yang Anda alami mungkin memang berasal dari anemia. Atau periksakan diri Anda langsung ke Dokter spesialis syaraf untuk mencari penyebab sakit kepala yang Anda derita.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar