Sukses

Penyakit Gondok

23 Apr 2015, 10:22 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya mau tanya , , apakah penyakit Gondok itu berbahaya ??? Gejalah2nya seperti apa ??? Trima Kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Gondok atau dalam dunia kedokteran disebut kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.

Berbagai kelainan yang berkaitan dengan tiroid diantaranya adalah :

  1. Kekurangan hormon tiroid (hipotiroid) yang dapat disebabkan oleh tiroiditis (radang kelenjar tiroid), resistensi hormon tiroid, dan eutiroid sick syndrome.
  2. Hormon tiroid berlebih (hipertiroid) yang dapat disebabkan oleh penyakit Grave's, nodul tiroid toksik, De Guervain's tiroiditis
  3. Kista duktus tiroglossus
  4. Kanker tiroid, adenoma tiroid
  5. Goiter

Tidak semua penyakit gondok berbahaya, tergantung jenis dan penyebabnya. Gejalanya pun bisa bermacam-macam, tergantung dari jenis kelainan gondok tersebut. Penanganan pembesaran kelenjar tiroid atau goiter sangat bergantung pada gejala yang dialami, penyebabnya dan ukuran pembesarannya. Goiter yang tidak terlalu besar dan tidak menyebabkan masalah biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Untuk mencegah pembesaran tiroid yang disebabkan karena kekurangan iodin, maka dianjurkan untuk mengonsumsi garam yang mangandung iodin atau mengonsumsi makanan laut dan rumput laut 2 kali dalam seminggu. Udang dan kerang terutama mengandung iodin yang tinggi. Namun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Jika penyebabnya inflamasi maka diberikan obat anti radang. 

Pembesaran kelenjar tiroid bukan penyakit menular. Jika pengobatan dilakukan secara tepat dan teratur maka sebagian besar masalah tiroid dapat diatasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar