Sukses

Mencegah BPH

17 Feb 2016, 11:03 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok. Bagaimana cara pencegahan dan pengobatan iritasi postrat atau pelebaran postrat, mohon informasinya Dok, terimakasih .

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami mengasumsikan masalah prostat yang Anda maksud adalah BPH atau pembesaran prostat jinak. 

BPH (Benign Prostate Hyperplasia) merupakan pembesaran kelenjar prostat yang bersifat jinak  yang hanya timbul pada laki-laki yang biasanya pada usia pertengahan atau lanjut. Pada usia 40an, seorang pria mempunyai kemungkinan terkena BPH sebesar 25%. Menginjak usia 60-70 tahun, kemungkinannya menjadi 50%. Dan pada usia diatas 70 tahun, akan menjadi 90%.

Letak kelenjar prostat adalah dibelakang saluran kemih (kencing). Jadi pembesaran kelenjar ini dapat menimbulkan gejala-gejala sumbatan dan iritasi saluran kemih yang dikenal sebagai lower urinary tract syndrome (LUTS). Gejala sumbatan dapat berupa buang air kecil yang tersendat-sendat, tidak lampias setelah buang air kecil, pancaran kencing yang lemah, dan mesti mengedan sebelum berhasil buang air kecil. Gejala iritasi dapat berupa sering buang air kecil dan keinginan untuk buang air kecil yang tidak tertahankan.

Sepanjang umurnya, prostat pria akan terus mengalami pembesaran dan pada beberapa pria, pembesaran tersebut terjadi hingga menyumbat saluran kencing. Hingga saat ini mekanisme pastinya belum ditemukan namun diduga karena perubahan keseimbangan hormon seiring dengan bertambahnya usia pria.

Kami sarankan sebaiknya periksakan keluhan Anda kepada dokter Spesialis Urologi agar dapat dievaluasi lebih lanjut mengenai keluhan yang Anda alami agar dapat segera diambil tindakan terhadap penyebabnya.

Berikut kami sertakan artikel mengenai Pembesaran Prostat:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar