Sukses

Keputihan Tak Kunjung Sembuh

22 Apr 2015, 07:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya sudah lama mengalami keputihan berwarna putih susu dan bahkan berisi gumpalan seperti tepung-tepung yang menggumpal. Dulu rasanya gatal dan panas, dan saya obati dengan betadine hygiene, kini sudah tidak pernah gatal atau panas lagi, namun masih saja ada keputihannya, dan bahkan ketika haidpun, terkadang butiran keputihan yang seperti gumpalan tepung itu ada. Saya baru menikah 2 bulan dan ingin segera mendapat momongan, saya takut keputihan ini menghambat bertemunya sperma dan sel telur. Saya ingin mendapatkan solusi dari permasalahan saya ini dokter. Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya. Keputihan yang fisiologis adalah keputihan yang berwarna bening, tidak terlalu banyak, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak panas.

Keputihan yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh jamur, yang biasanya tumbuh akibat keadaan lembap, penurunan daya tahan tubuh, kegemukan, dll. Untuk menjaga agar keputihan tidak datang kembali, gunakanlah pakaian dalam yang kering, gantilah pembalut atau pantyliners tiap tiga-empat jam sekali, cebok dengan arah depan ke belakang, dan selalu keringkan. Anda juga perlu minum obat anti jamur yang dapat diresepkan oleh dokter untuk menyembuhkan infeksi jamur tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar