Sukses

Gigi Terasa Ngilu

22 Apr 2015, 11:15 WIB
Wanita, 22 tahun.

Salam dokter, sy ada keluhan sdh sekitar sebulan ini sy beberapa kali mengalami gigi ngilu, sbnrnya sy krg tau yg ngilu gigi blkg sy atau gusi yg sdh tdk ada giginya krn disekitar gigi dan gusi itu yg ngilu..ngilunya kadang2 dtg tp lama dan sy hanya minum mefinal atas anjuran teman yg pernah bgtu lalu jg ada gigi taring sy yg pada saat kumur2 walopun dgn air biasa pasti ngilu sekali..padahal sy sdh pakai odol khusus gigi sensitif krn gigi sy mmg semuanya sensitif..pertanyaan sy apa hrs sy periksakan ke dokter? Apa keadaan gigi sy sudah parah? Dan mengatasi untuk sementara dgn cara apa kalo gigi ngilu?.trmks dokter

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai faktor yang menyebabkan munculnya gangguan berupa rasa ngilu pada gigi. Timbulnya rasa ngilu pada gigi merupakan suatu tanda gigi sensitif/ dentin hipersensitif, dimana rasa ngilu ini dapat terjadi karena adanya suatu rangsangan, rangsangan tersebut dapat berupa suhu, taktil, osmotik dan khemis. Ketika makan atau minum seseuatu yang panas, dingin, asam, atau gigi terkena hembusan udara dan bisa juga pada saat berkumur. 

Penyebab yang paling umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya, permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif. Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. 

Penggunaan pasta gigi sensitif untuk gigi sensitif yang ngilu dapat mengurangi atau menghilangkan ganguan ngilu tersebut namun bila penggunaan pasta gigi tersebut tidak berpengaruh pada gangguan yang Anda rasakan, maka sebaiknya dilakukan penanganan oleh dokter gigi. Untuk memastikan kondisi dari gigi Anda ini diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi sehingga dapat juga ditentukan perawatan yang tepat. 

Berikut artikel yang dapat menambah informasi untuk Anda, seputar gigi sensitif

Inilah 7 Tips Gigi Sensitif

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif

Mengunyah Saat Tidur, Penyebab Gigi Sensitif

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar