Sukses

Keluar Darah Menstruasi, Pasti Tidak Hamil?

13 Jul 2015, 19:51 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok, jika sudah menstruasi apa sudah pasti tidak hamil? pasca seks terakhir saya sudah 2 kali menstruasi, 2 hari setelah seks menstruasi selama 6 hari, 3 harinya banyak (pembalut besar +-30cm penuh) 3 hari kemudian hanya sedikit sedikit. lalu tanggal 15 kemarin saya haid lagi, banyaknya sama kurang lebih. kenapa kok jaraknya dekat gitu ya dok? 2 minggu lalu saya test pack hasilnya negatif, sudah 3 tespack merek berbeda. tapi ketika saya mencoba cek serviks, kenapa selalu terasa lunak(katanya tanda hamil)?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Ketika terjadi kehamilan, maka seorang wanita tidak lagi akan mengalami haid selama kehamilannya, karena pengaruh dari perubahan hormon. Jika seorang wanita hamil mengalami keluarnya darah dari jalan lahir, maka perlu segera dicari penyebabnya karena termasuk dalam kegawatan dalam kehamilan.

Sedangkan Keluarnya darah sebagai tanda diawal kehamilan yaitu perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja, jumlah sedikit dan berbeda dengan darah menstruasi.

Namun keluarnya flek kecoklatan ini hanya merupakan salah satu tanda tidak pasti kehamilan. Untuk membuktikan anda hamil atau tidak perlu dicari tanda pasti kehamilan, yang paling mudah adalah dengan melakuakn pemeriksaan USG kehamilan. Sudahkah anda melakukan pemeriksaan kepada dokter?

Saat ini yang terbaik anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungngan untuk membuktikan apakah anda hamil atau tidak. Sehingga anda tidak menjaddi lebih khawatir dan mengira-ngira penyebab gejala yang anda rasa timbul pada tubuh anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar