Sukses

Demam Terutama Malam Hari

16 Feb 2016, 20:40 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum.. Dokter, saya mau tanya tentang penyakit yang saya alami saat ini. Saya sudah 3 hari demam, tapi kalau pagi menjelang siang demam turun, kalau sore menjelang malam demamnya naik lagi, ditambah badan lemas, sakit perutnya, dan agak sempoyongan. Kira2 saya sakit apa ya dokter? Mohon penjelasannya.. terima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat beberapa penyebab demam. Infeksi merupakan penyebab tersering timbulnya demam. Secara klinis, demam akibat infeksi bakteri umumnya tidak setinggi yang ditemukan pada infeksi virus, juga tidak disertai oleh gejala sistemik lain seperti otot pegal/linu, lemas, mual, dsb seperti yang ditemukan pada infeksi virus. Namun tidak jarang ditemukan adanya infeksi campur antara virus dan bakteri, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan gejala klinis yang sulit dibedakan satu dengan lainnya.

Pada kasus Anda, Anda mengalami demam 3 hari disertai badan lemas, sempoyongan, dan sakit perut. Pola demam yang tinggi terutama dimalam hari disertai dengan gejala gangguan saluran cerna (mual, muntah, sakit perut, diare/konstipasi) umumnya terjadi pada tifoid. Apakah Anda mengalami gangguan pencernaan seperti mual atau muntah? Bagaimana dengan buang air besar Anda? Apakah cair atau konstipasi?

Masih banyak lg penyebab demam, karena demam bukan merupakan penyakit tetapi adalah gejala dari suatu penyakit. Saran kami, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah untuk mengetahui penyebab demam Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar