Sukses

Konsumsi Susu dan Keju Selama Hamil
22 Apr 2015, 10:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok, saat ini sy sedang hamil 4 minggu. Saya mau bertanya apakah sy boleh mengkonsumis susu uht? Dan produk olahan susu seperti keju apakah sy boleh? Jika boleh mohon info produk yg bagus. Dan untuk menaikkan berat badan agar ideal dengan kehamilan saya bagaimana ya dok caranya? Trima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Selamat atas kehamilan Anda. Susu UHT maupun pasteurisasi boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ingin mengonsumsi keju, pilihlah keju keras yang terbuat dari susu yang sudah dipasteurisasi. Hindari keju lunak yang dibuat dari susu mentah ("raw milk"). Namun umumnya keju yang banyak tersedia di Indonesia adalah keju keras, sementara keju lunak jarang ditemukan kecuali di supermarket yang menjual barang-barang import.

Berat badan Anda akan naik dengan sendirinya jika Anda makan makanan dengan jumlah yang cukup dan gizi yang seimbang. Jika Anda mengalami mual muntah, makanlah dalam porsi yang sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering. Memang umumnya pada trimester pertama berat badan wanita hamil sukar naik, atau naik hanya sedikit. Namun pertambahan berat badan umumnya baru akan terjadi saat trimester dua, dan terutama pada trimester tiga.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar