Sukses

Bleaching Kulit, Amankah?

16 Feb 2016, 20:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, kuku saya kan seperti bolong2 atau seperti terkena tusukan jarum, itu kan diduga penyakit psoriasis . nah kalo saya tiap bulan sekali saya melakukan bleaching kira2 kulit saya tetep sehat gak ya dok ? trus bahaya gak dok buat kesehatan kulit saya ? kan saya pernah baca artikel kalo sering bleaching itu dapat menyebabkan kanker kulit, itu bleaching yang seperti apa dan sesering gmn dok ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda,perlu kami jelaskan terlebih dahulu bahwa sebenarnya tidak ada produk dalam memutihkan kuilt, yang ada hanya produk yang memberikan efek mencerahkan saja. Karena di dalam tubuh kita mempunyai pigmen melanin sebagai pigmen bewarna yang terus berproduksi dalam tubuh untuk membentuk warna tubuh kita. Produk yang beredar hanya dapat menekan pigmen melanin saja dimana timbul efek mencerahkan, produk tersebut tidak dapat mematikan pigmen melanin yang ada.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis tidak disarankan untuk melakukan pemutihan badan dengan cara menghambat aktivitas melanin, karena sejatinya melanin mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal yang diperkenankan hanyalan menghindari kulit kusam, sehingga kulit terlihat sehat dan cerah.  Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dahulu ke dokter spesialis kulit dan kelamin sebelum mengambil tindakan pemutihan kulit. 

 Anda dapat "memaksimalkan" tampilan warna kulit Anda dengan melakukan perawatan secara rutin, sebagai berikut :

  1. Bersihkan wajah dengan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, terutama setelah beraktivitas dan sebelum tidur
  2. Gunakan serum atau pelembab yang mengandung vitamin C di pagi hari
  3. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setelah menggunakan serum atau pelembab, dan ulangi penggunaan setiap 2 jam
  4. Gunakan krim malam yang dapat mencerahkan kulit seperti retinoic acid, kojic acid, dan zat lain sejenis
  5. Minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari
  6. Perhatikan keseimbangan nutrisi harian.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini bermanfat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar