Sukses

BAB Berdarah dan Luka di Anus

21 Apr 2015, 09:05 WIB
Wanita, 29 tahun.

Bab berdarah banyak stkah di cek ada luka di sekitar anus, sudah selang 7jam rasa sakit n panas pd anus ga ilang2, mohon solusi nya,

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

BAB berdarah dapat disebabkan oleh wasir atau luka pada anus (atau disebut juga fisura ani). Fisura ani biasanya disebabkan oleh karena gesekan oleh feses saat BAB keras.

Untuk luka pada anus akibat gesekan  perlu dipastikan terlebih dahulu ada tidaknya infeksi sekunder pada luka tersebut. Jika tidak ada tanda-tanda infeksi sekunder (bengkak, meradang, bernanah) maka dapat diberikan krim atau salep anti-inflamasi, dan jaga kebersihan daerah luka untuk mencegah infeksi. Namun bila infeksi telah terjadi, dapat diberikan salep yang mengandung antibiotik.

Perlu diperhatikan bahwa luka tersebut harus selalu dalam keadaan kering agar proses penyembuhan lebih cepat, dan cegah agar luka tidak lembab, dengan menggunakan pakaian yang tidak tebal, kemudian segera mengeringkan bagian lipat paha setelah BAB maupun BAK. Dan cegahlah gesekan berulang pada luka tersebut.

Untuk mengurangi rasa nyeri dapat juga dengan mengkonsumsi obat-obat penghilang rasa nyeri yang dapat Anda beli tanpa resep obat. Namun, ada baiknya bila Anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter agar diketahui pasti luka yang terjadi, dan menyingkirkan adanya penyekit infeksi lain (terutama infeksi menular). Kemudian obat-obatan dapat diberikan oleh dokter dengan pilihan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar