Sukses

Penyakit Menular Seksual

21 Apr 2015, 09:18 WIB
Wanita, 36 tahun.

Suami hbs berhubungan intim diluar, setelah itu dia berhubungan intim dgn saya. Kelamin saya setelah berhubungan terasa sakit, gatal2, kelamin saya kemerahan tapi tdk luka. Tapi kelamin suami saya tdk ada luka ataupun sakit. Apakah suami saya menularkan PMS pada saya atau tidak dok? Tks.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dikenali lewat 3 gejala:

  1. Duh tubuh: cairan yang keluar dari kemaluan yang tidak normal. Pada wanita biasanya disebut keputihan. Cairan yang tidak normal biasanya warnanya kehijauan, keabu-abuan, berbusa.

  2. Nyeri berkemih, yaitu adanya keluhan saat buang air kecil seperti terasa sakit, perih, panas, anyang-anyangan.

  3. Benjolan atau bintik. Terutama di area-area yang terkait dengan aktivitas hubungan seksual, seperti di daerah kemaluan, mulut dan rongga mulut, dubur/anus. Benjolan tersebut dapat berupa jengger ayam di daerah sekitar dubur atau kemaluan, pembesaran kelenjar getah bening biasanya di daerah lipat paha atau bintik-bintik berair seperti cacar air di daerah kemaluan atau mulut.

Untuk mengetahui dengan pasti, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kulit kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar