Sukses

Sakit Gigi dan Solusinya

22 Apr 2015, 12:09 WIB
Pria, 28 tahun.

Saya mengalami sakit gigi pada gigi yang terbilang cukup sehat (gigi bagian kiri celakang). Dulu pernah saya mengalami sakit yang sama sampai saya memilih dicabut (graham). sakit giginya hilang. tapi sekarang muncul lagi dan pindah ke gigi sebelahnya, tapi tidak sesakit dulu. sekarang setiap hari saya minum asam mefenamat jika sakitnya muncul, kalo dulu tidak mempan minum asam mefenamat makanya saya pilih dicabut. apakah ini karena sakit diabetes saya? karena kalo saya ke dokter dibilangnya cuma karena syaraf di gigi saya sudah kena, dan harus melakukan perawatan. perawatan biayanya cukup mahal, dan lagi terus menyebar ke gigi-gigi yang lain tapi hanya sebelahnya saja. saya bingung sama penyakit gigi saya. kalau diturutin bagaimana? masa semua gigi saya lama-lama dicabut semua. Terima Kasih Dok.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Saya turut prihatin atas kondisi sakit gigi yang Anda alami. Sakit gigi dapat dipicu oleh beberapa hal seperti gigi berlubang yang lubangya telah mencapai kamar saraf gigi, gigi impaksi atau tidak tumbuh sempurna dan biasanya dialami oleh gigi geraham bungsu , gigi yang telah mati/nonvital yang mengalami peradangan atau infeksi atau infeksi lainya sekitar gigi. Gigi yang mengalami gangguan sampai menimbulkan rasa sakit ini sebaiknya diperiksakan dan dilakukan perawatan oleh dokter gigi.

Pencabutan gigi bukan satu-satunya solusi atau penanganan dalam mengatasi gigi yang sakit, pencabutan harus dilakukan sesuai dengan indikasinya. Terkait penyakit diabetes yang Anda miliki memang mempengaruhi kondisi kesehatan dalam rongga mulut Anda, terutama pada jaringan pendukung gigi (gusi dan tulang alveolar). Maka yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan rongga mulut Anda, pola makan dan juga kontrol ke dokter.

Kami menyarankan agar sebaiknya Anda periksakan kondisi gigi ke dokter gigi agar dapat dipastikan penyebab dari rasa sakit yang dialami dan juga dilakukan terapi yang tepat.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Otak Tak Mampu Bedakan Lokasi Sakit Gigi (27 September 2010)
Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri? (27 September 2010)
Abaikan Sakit Gigi Dapat Berujung Kematian (27 September 2010)
Sakit Gigi Tidak Boleh Dicabut? (27 September 2010)

Demikian informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar