Sukses

Anak Demam Disertai Muncul Bercak Merah Di Dada

12 Feb 2016, 10:01 WIB
Pria, 30 tahun.

Anak saya lelaki umur 4 tahun pada minggu lalu (Jumat, Sabtu) panas tinggi dan mencret. Minggu sudah turun suhu normal dan BAB sudah keras. Hari ini panas kembali 37.5 C. Selama demam muncul bercak merah di dada. Selama Jumat, Sabtu dan Minggu frekuensi buang air besar menjadi sangat sering baik yang mencret maupun yang keras. Rata-rata 1.5 jam sekali.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas informasi yang anda berikan

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan tentang keluhan buah hati Anda.

Secara umum, bercak-bercak merah memang dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: jamur, virus). Jika memang karena alergi , memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu.

Adapun pertanyaan yang perlu Anda jawab adalah: Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Anda mengatakan ada bintik-bintik,bagaimana sifat bintik-bintik tersebut,ukuran,isi,luas,bentuk,lokasi tepatnya. Umumnya keluhan alergi disertai dengan keluhan gatal.

Selain alergi, keluhan bintik merah disertai demam, bisa jadi merupakan gejala dari infeksi virus seperti morbili, atau bisa juga merupakan gejala Rubella. Perhatikan apakah ada gejala lain seperti mata merah, keluhan tenggorokan seperti batuk? Bagaimana bentuk bintik merahnya? Apakah datar sesuai permukaan kulit atau menonjol?

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas, terlebih jika kekuhan ini sudah lama dan tidak membaik dengan pengobatan, dan mungkin membutuhkan terapi yang lebih spesifik. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter anak kembali jika keluhan ini tidak kunjung sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar