Sukses

Mengecilkan Pori dan Menghilangkan Komedo

21 Apr 2015, 12:37 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya pnya masalah komedo dan pori2 besar. Obat apa yg bsa menghilangkan komedo dan memperkecil pori2? Klo saya menggunakan vitacid, berbahaya gak ya dok? Sprt artikel yg telah d post, bisa d share contoh produk retinoid dok. Terima kasih dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Anda perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan. Karena itu, cara paling tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan facial  (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

Produk retinoat yang Anda sebutkan juga seringkali diresepkan oleh dokter untuk mempercepat proliferasi sel kulit sehingga regenerasi kulit baru yang muda bisa lebih cepat. Krim retinoat generik ini dapat diperoleh di apotik maupun termasuk dalam racikan krim klinik-klinik kecantikan. Kami sarankan Anda menggunakannya setelah berkonsultasi dengan dokter, dan memilih krim dari instansi yang terpercaya dan berizin. Adapun obat yang Anda sebutkan tersebut juga merupakan krim berisi retinoat ini. 

Untuk menangani komedo dapat dilakukan ekstraksi komedo (facial). Berikut adalah beberapa tips untuk mengecilkan pori yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Gunakan masker wajah secara teratur

  • Kompres wajah dengan menggunakan air es. Efek dingin yang ditimbulkan dapat mengecilkan pembuluh darah dan pori-pori

  • Bersihkan wajah secara rutin, terutama setelah beraktivitas atau setelah mengenakan make-up menghindari pembentukan komedo dan atau jerawat

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar