Sukses

BAK Tidak Tuntas dan Ambeien

27 Apr 2015, 11:00 WIB
Wanita, 32 tahun.

pd wkt stelah buang air kecil terasa blum tuntas,nti kalo d bwat jalan terasa ada yang air kencing keluar,terasa juga setelah bab ,saya ada ambien jga dok, apa obat nya, trimakasih atas jawaban nya

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dapat merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Selain itu, gejala lainnya adalah nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan  nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas.

Apakah sudah pernah dilakukan pemeriksaan urin? Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Apabila dengan minum banyak masih juga mengalami gejala, maka kunjungilah dokter kembali karena kemungkinan Anda membutuhkan antibiotik.

Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anda selalu minum 2-3L/hari, jangan menahan berkemih, membasuh dari depan ke belakang alat kemaluan ketika selesai berkemih, bersihkan alat kemaluan sebelum dan sesudah berhubungan seksual, serta dengan menghindari hubungan seksual yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya mengenai ambeien. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus penderita.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya.  Untuk itu, untuk mengetahui penanganan yang tepat, terlebih dahulu perlu diketahui derajat ambeien Anda.

Kami menganjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar