Sukses

Neuroblastoma

28 Jan 2016, 07:43 WIB
Pria, 15 tahun.

dok saya didiagnosa menderita neuroblastoma tetapi saya sudah selesai menjalankan kemoterapi tetapi belum ada perubahan selesaikemoterapi saya mohon jawabannya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsutasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Neuroblastoma adalah kanker pada sistem saraf yang sering ditemukan pada masa kanak-kanak.

Mengenai tingkat kesembuhan juga bervariasi, tergantung kepada usia, ukuran tumor dan luasnya penyebaran tumor. Pada anak yang berumur kurang dari 1 tahun dan tumornya kecil serta belum menyebar, prognosisnya sangat baik. Beberapa penderita mengalami regresi spontan, dimana jaringan tumor mengalami pematangan dan berkembang menjadi ganglioneuroma jinak, yang dapat diangkat melalui pembedahan. Pada kasus lainnya, tumor menyebar dengan cepat ke organ tubuh lainnya. Respon terhadap pengobatan pun bervariasi, jika pengobatan dilakukan sebelum tumor menyebar, maka hasilnya biasanya memuaskan.

Bila setelah  menjalani terapi keluhan penyakit masih anda rasakan, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter AndaAnda  mengenai kondisi tersebut. Dengan demikian, dokter Anda akan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengetasi kondisi tsb.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar