Sukses

Suntik Varises

30 Jan 2016, 07:21 WIB
Pria, 17 tahun.

Klw suntik varises brapa lama hilngny dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Suntik varises atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai skleroterapi merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk mengecilkan atau menghilangkan varises pada tungkai bawah dengan cara menyuntikan cairan yang menyebabkan jaringan parut dan menutup pembuluh darah vena tersebut.

Umumnya tidak cukup sekali saja untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pasien dapat suntik varises berulang kali sebelum mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal ini bergantung dengan ukuran varises. Varises yang berukuran kecil umumnya dapat menghilang dalam 6 minggu dan varises berukuran besar dapat lebih dari itu. Setelah melakukan suntik varises Anda sebaiknya menggunakan stoking kompresi  selama beberapa hari hingga 2 minggu untuk membantu mengecilkan pembuluh darah. Selain itu Anda diharuskan untuk tetap berjalan seperti biasa, untuk menjaga peredaran darah agar tetap lancar.

Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah vaskular untuk menangani kasus varises di kaki Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pilihan pengobatan dan menentukan perlu disuntik kembali atau tidak.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah agar varises tidak bertambah parah, diantaranya adalah :

  • Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, ubah posisi secara berkala (setiap 30 menit)
  • Hindari berada dalam posisi yang membatasi peredaran darah pada tungkai (seperti menyilangkan kaki ketika duduk)
  • Tinggikan posisi tungkai dan kaki ketika duduk
  • Berolahraga secara teratur, 3 x/minggu minimal selama 30 menit.
  • Menjaga berat badan dan diet. Makanan yang dimakan sebaiknya rendah garam dan tinggi serat, untuk mencegah pembengkakan karena retensi air dan konstipasi
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi (bagi wanita). Menggunakan sepatu hak rendah membuat otot betis bekerja lebih keras, sehingga memperlancar aliran darah balik di daerah tersebut. Hindari juga penggunaan celana ketat
  • Untuk memperbaiki sirkulasi tungkai, beberapa kali dalam sehari istirahatkan tungkai dengan menaruhnya pada tumpukan bantal (3 - 4)
  • Menggunakan stoking kompresi. Stoking ini "meremas" tungkai sehingga membantu pembuluh darah tungkai dan otot betis dalam memperlancar aliran darah. Stoking yang digunakan harus pas atau sesuai dengan ukuran betis agar efektif. Stoking juga sebaiknya tidak terlalu ketat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar