Sukses

Gigi Rusak dan Ngilu

21 Apr 2015, 19:27 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok,, gigi saya sudah banyak yang rusak dan sering ngilu,,cara untuk mengatasiny bagaimana ya....?? tks

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai faktor yang menyebabkan munculnya gangguan berupa rasa ngilu pada gigi. Timbulnya rasa ngilu pada gigi merupakan suatu tanda gigi sensitif/ dentin hipersensitif, dimana rasa ngilu ini dapat terjadi karena adanya suatu rangsangan, rangsangan tersebut dapat berupa suhu, taktil, osmotik dan khemis. Ketika makan atau minum seseuatu yang panas, dingin, asam, atau gigi terkena hembusan udara dan bisa juga pada saat berkumur. 

Penyebab yang paling umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya, permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif. Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. 

Gigi rusak yang Anda tanyakan Kami asumsikan adalah gigi yang mengalami lubang. Gigi yang berlubang memang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut.

Jagalah kebersihan gigi dan rongga mulut Anda dengan semaksimal mungkin agar gigi yang masih sehat dan tidak mengalami gigi berlubang dapat terbebas dari resiko gigi berlubang. Sikatlah gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi dan bersihkan selah-selahnya dengan menggunakan benang gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar