Sukses

Nafsu Makan Berkurang

21 Dec 2015, 18:09 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, knp setiap makan saya selalu ingin muntah? Napsu makan pun berkurang, dan berat badan juga berkurang? Saya sudah minum air kelapa ijo, obat masuk angin maupun obat lambung, tapi masi selalu ingin muntah. Mohon dibantu, terima kasih?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penurunan nafsu makan pada usia dewasa seperti Anda jarang hanya berdiri sendiri. Penurunan nafsu makan biasanya merupakan  gejala penyerta dari sebuah penyakit. Pada umumnya Nafsu makan akan kembali normal setelah penyakit tersebut teratasi. Kondisi tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan kecuali berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari.

Gangguan Psikologis juga bisa berpengaruh kepada nafsu makan, misalnya pada keadaan stress, depresi, cemas dan kondisi lainnya.

Selain karena penyakit, nafsu makan berkurang juga terjadi akibat efek dari obat-obatan medis yang sedang dikonsumsi seseorang, atau juga karena program diet menurunkan berat badan.

Bila nafsu makan hilang dalam jangka waktu lama dapat berakibat Malnutrisi, yaitu kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang masalah serius utama dari kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu. Efek jangka panjang lainnya terkait dengan penyebabnya. 

Untuk mengatasi masalah hilangnya nafsu makan ini  Yang utama adalah dengan mengetahui penyebab hilangnya nafsu makan. Jika disebabkan oleh penyakit ringan yang umum seperti pilek dan demam, maka nafsu makan akan membaik setelah penyakit tersebut disembuhkan.

Mengkonsumsi multivitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Anda juga bisa mencoba hidangan favorit Anda untuk mengatasi nafsu makan yang menurun.

Namun jika Anda tidak dapat mendeteksi penyebabnya, dan kondisi tersebut berlangsung selama beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar