Sukses

Badan Gemetaran Saat Tertidur?

01 Nov 2015, 20:29 WIB
Pria, 20 tahun.

Baru baru in, sya mnggalami gngguan saat tidur, hal ini baru menimpa saya hampir smnggu, pada malam prtama, saya tidur sekitar pukul 23.00, ketika baru mau lelap sekitar 15 mennit, badan dan tangan kaki saya bergetar para, hingga saya trbangun berdiri panik,kmudian badan sya mrasa dngin. Awalnya saya kira demam biasa, jadi saya minum obat demam,setelah lewat demamny,saya baru tdur skitar pkul 4 pagi. KeesokaN hari sya mememeriksakan diri k dokter, tetapi hasilny gpp,sehat, tidak demam sama sekali Hingga malam kedua, hal yg sama trjadi, tapi tanpa disertai demam, ketika akan terlelap,saya trbangun gemetaran parah, dan kemudian kaki tngan saya dngin,setelah lewat, jantung berdebar2, hingga sya tak bisa tdur smalaman, saya trtidur ketika sudah pagi, dan hal tsb memang sudah ngantuk parah. Masalahny ialah tiap malam sya mngalami gemetaran parah ini ketika baru terlelap tidur,dan mmbuat sya harus brgadang krna ga bisa tdur Mohon bntu solusinya,krna sngat depresi sekali. Jika harus konsultasi langsung,harus k dokter spesialis apa? Trima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tubuh memiliki sistem saraf otonom, yang berfungsi sebagai sistem tubuh di luar kesadaran seperti pernafasan, jantung, pembuluh darah , kelenjar, dan lain-lain. Sistem saraf  terbagi 2 yaitu simpatis dan parasimpatis, di mana keduanya bekerja berlawanan supaya saling menyeimbangkan. Pada beberapa orang terdapat gangguan keseimbangan kedua jenis persarafan tersebut, yang menimbulkan keluhan psikosomatis (keluhan fisik tanpa adanya gangguan pada fisik). Keluhan ini bersifat psikis yang bermanifestasi dalam kelainan fisik. Psikosomatis umumnya dicetuskan oleh stres emosional.

Gemetaran disebabkan karena persarafan otonom tersebut. Umumnya disebabkan karena faktor psikis atau dapat juga disebabkan setelah tangan mengangkat benda berat. Gemetar juga dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Untuk sementara ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, perbanyak istirahatkan tangan biila sudah tremor, dan mengkonsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B 12, B 6.  

Jika keluhan sangat menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit saraf, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat. 

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar