Sukses

Timbul Benjolan Setelah Menggunting Bulu Kemaluan

21 Apr 2015, 12:56 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya berumur 18,saya sedang haid,dan minggu sblmnya saya memotong bulu kemaluan dgn gunting,bbrp hari stlhnya,saya meraba ada benjolan tdk bernanah ttp nyeri saat dipencet,sy bru mengoleskan dgn minyak tawon,bagaimana cara mengobatinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah timbul benjolan setelah menggunting bulu kemaluan. Dimanakah letak benjolan tersebut? Apakah di daerah pubis? atau daerah lain seperti bibir vagina? Berapa ukuran dan jumlah benjolan?

Sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan yang Anda alami hanya berdasar informasi singkat yang Anda berikan. Keluhan pada kulit membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mengetahui penyebabnya dan cara penanganannya.

Benjolan yang terjadi di pubis setelah mencukur atau menggunting bulu kemaluan dapat disebabkan oleh sumbatan kelenjar rambut, iritasi ataupun pertanda infeksi. Bila terdapat benjolan di bibir vagina maka penyebabnya dapat berbeda lagi seperti kista bartholin dan lain sebagainya.

Apakah gunting yang digunakan oleh Anda merupakan gunting khusus untuk menggunting bulu kemaluan atau gunting yang digunakan bersamaan untuk menggunting hal lain? Penggunaan alat mencukur atau menggunting bulu kemaluan yang tidak steril dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Untuk sementara kami sarankan Anda untuk menjaga kebersihan daerah kemaluan dan pubis serta kompres benjolan dengan air garam hangat atau larutan NaCl 0,9%.

Kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar