Sukses

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Trimester Akhir
21 Apr 2015, 16:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya saya yuwafi hmil 30 mnggu dan ada keluhan sering buang air kecil trus dok apa kah itu normal trmksih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Pertama-tama saya ucapkan selamat atas kehamilan Ibu. Meningkatnya kebiasaan  buang air kecil saat hamil biasanya dimulai pada minggu ke-6 kehamilan, hingga trimester pertama berakhir. Hal tersebut disebabkan oleh diantaranya:

  • Volume darah meningkat drastis. Akibatnya, cairan yang harus disaring ginjal, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air kencing. Peningkatan volume darah yang terjadi di daerah panggul, juga menyebabkan  kandung kemih penuh, dan harus dikosongkan lebih sering.

  • Ginjal dan saluran kemih membesar, karena peningkatan hormon progesterone yang terjadi sejak calon janin tertanam di di dinding rahim.

  • Ukuran rahim membesar sehingga mendesak kandung kemih  yang berada di bawah rahim. Akibatnya, daya tampung kandung kemih jadi berkurang, sehingga harus dikosongkan lebih sering.

Berikut kiat mengatasinya: 

  • Kurangi konsumsi cairan yang memicu terbentuknya air kemih,  yaitu yang mengandung kafein kopi, teh, soda.

  • Perbanyak minum pada pada siang hari, dan kurangi pada malam hari. Sehingga Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan cairan yang harus Anda konsumsi. Jika harus bolak-balik ke kamar kecil, hal dini dilakukan pada siang hari, sehingga tidak menggangu tidur malam Anda.

  • Tuntaskan pengosongan kandung kemih setiap kali buang air kecil.

  • Pergilah ke kamar kecil sebelum berangkat dan pulang kerja. Hal ini memperkesil kerepotan Anda mencari toilet dalam perjalanan.

 

Waspadalah bila muncul rasa tidak nyaman saat buang air kecil, misalnya rasa seperti terbakar. Ini merupakan tanda terjadinya infeksi saluran kemih, yang sering dialami ibu hamil. Segera konsultasi ke dokter kandungan Anda.  Selain itu perlu diperhatikan penyebab sering berkemih lainnya adalah diabetes gestasional yakni diabetes yang hanya berlangsung selama masa kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar