Sukses

Hyperaeration Of lung

22 Jan 2016, 07:38 WIB
Pria, 20 tahun.

dok, saya sering mengeluh sesak atau sulit bernafas seperti ada secret tetapi sangat sulit dikeluarkan, keadaan tersebut memberat pada saat saya kelelahan. Sempat saya photo thorax dikatakan bahwa saya terkena hyperaerated lung. Bagaimanakah solusi mengatasi sesak tersebut dok? Saya perokok, tetapi sudah berhenti sejak 5 tahun yang lalu. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gambaran Hyperaeration berarti  terdapat lebih banyak udara didalam paru-paru dibandingkan keadaan normal. Kondisi ini disebut juga sebagai Emfisema.

Terdapat banyak penyakit yang dapat menyebabkan kondisi ini. Pada anak-anak dapat ditemukan pada penyakit bronkiolitis, asma, PJK, dll. Sedangkan pada orang dewasa, umumnya ditemukan pada penderita asma dan PPOK.

Gejala utama emfisema adalah sesak napas, napas cepat dan pendek, mudah lelah dengan aktivitas biasa, dan gejala ini akan semakin memburuk seiring dengan progresifitas penyakit.

Karena kasus emfisema disebabkan oleh rokok, maka pencegahan paling baik adalah berhenti merokok. Selain itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah emfisema :

  • berhenti merokok dan hindari pajanan rokok (perokok pasif)
  • hindari zat yang dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan. Ini termasik bau cat, beberapa jenis bau masakan, beberapa parfum. Jaga kelembaban di rumah Anda sekitar 40-50%
  • berolahraga teratur
  • banyak minum air putih setiap hari dan jangan minum alkohol
  • hindari udara dingin
  • hindari infeksi saluran pernapasan (ISPA) dengan melakukan vaksinasi teratur (vaksin influenza, vaksin pneumonia). Hindari berkontak dengan seseorang yang mengalami influenza
  • asupan bergizi seimbang

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis paru guna evaluasi lebih lanjut dan penerapan terapi sampai dengan tuntas.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar