Sukses

Mudah Sakit

01 Nov 2015, 19:52 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya punya masalah dengan lambung dan usus sy dok. karena sempat memiliki riwayat penyakit typus.. lama kelamaan kondisi sy semakin lemah, berat badan pun semakin menurun dan penyakitt pun datang silih berganti, dan sy susah untuk tidur. apa yang harus sy lakukan untuk menyembuhkan. trima kasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang mudah sakit atau menyebabkan mudahnya terjadi penularan, tergantung dari penyakit apa yang menjangkitinya. Bila sering sakit masalah pernapasan yang tidak disertai demam, ada kemungkinan disebabkan oleh alergi.

Alergi biasanya membuat orang lebih rentan terkena pilek dan flu, kondisi ini akan bertambah parah jika seseorang pergi ke luar atau pulang ke rumah setelah bekerja seharian. Hal ini karena alergi bisa dipicu dari dalam atau luar ruangan.

Umumnya orang menjadi lebih sering sakit ketika musim kemarau. Hal ini karena ketika udara di luar panas dan berdebu maka orang cenderung tinggal di dalam rumah sehingga membuat kuman menyebar lebih cepat..

Gaya hidup yang dijalani juga bisa menjadi pemicu seperti merokok yang membuat cilia (bulu di hidung dan paru-paru yang berfungsi melawan penyakit) mati, serta perokok cenderung memiliki kadar zat besi yang rendah sehingga orang lebih rentan terhadap kuman atau bakteri.

Pola makan yang buruk akan membuat seseorang kekurangan nutrisi penting sehingga tubuh menjadi tidak fit atau tidak kuat melawan penyakit. Mengonsumsi makanan yang sehat, seimbang dan mengandung air cukup bisa membantu sistem kekebalantubuh menjadi lebih kuat.

Faktor lain yang bisa membuat orang gampang sakit-sakitan adalah tingkat stres tinggi, depresi yang tidak terdiagnosis, tidak menjaga kebersihan dengan baik seperti jarang cuci tangan, fungsi tiroid yang rendah serta penyakit tertentu yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Jika sering sakit-sakitan cobalah mulai mengubah gaya hidup yang dijalani serta mengurangi tingkat stres dan depresi dengan meluangkan waktu untuk bersantai serta refleksi.

Namun jika seseorang sakit dengan durasi yang panjang atau terjadi secara teratur, maka konsultasi ke dokter mungkin langkah pertama yang sebaiknya dilakukan untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya untuk mengetahui penyebab pastinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar