Sukses

Faktor Resiko Darah Tinggi

22 Jan 2016, 07:28 WIB
Pria, 23 tahun.

Dear Dokter, Saya mau tanya, apakah makanan kotoprak dan gado-gado dapat mempengaruhi darah tinggi? Terim kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, maka akan kami jelaskan mengenai penyakit darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi.

Tekanan darah normal adalah <120/80 mmHg. Secara umum kondisi hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah sistolik seseorang >140 mmHg dan tekanan diastolik >90 mmHg. Seseorang dapat dikatakan hipertensi jika setelah 2 kali pemeriksaan dalam 2 kali kunjungan yang berbeda didapatkan tekanan darah >140/90 mmHg. Umumnya hipertensi tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, jika tekanan darah sudah terlampau tinggi dapat menyebabkan keluhan nyeri kepala, pusing, mimisan, nyeri dada, pandangan kabur, dan sulit bernafas.

Faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang mengidap hipertensi yakni:

  • Laki laki usia diatas 55 tahun, dan diatas 65 tahun pada wanita.
  • Riwayat darah tinggi dalam keluarga
  • Obesitas dan kurang olah raga
  • Asupan garam terlalu tinggi
  • Stress
  • Rokok, alkohol, dan obat obat terlarang
  • Kondisi medis seperti diabetes, kolesterol, gangguan ginjal, gangguan tiroid, atau kelainan kelenjar adrenal
  • Konsumsi obat obatan tertentu seperti steroid, pil KB. 

Jika keluarga Anda memiliki riwayat hipertensi, maka Anda juga memiliki kemungkinan terkena hipertensi. Kemungkinan ini, dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur minimal 3x/minggu selama 30 menit setiap sesinya, tidak merokok/minum alkohol, menghindari makanan tinggi garam/gula/lemak,  tidur cukup minimal 7-8 jam/hari, dan menghindari stres.

Maka, dapat dilihat bahwa ketika seseorang menderita penyakit hipertensi, pencetusnya multifaktorial (banyak faktor). Jadi, jika pertanyaan anda apakah kedua makanan tersebut mempengarhui darah tinggi, jawabannya bisa saja iya, jika kedua makanan tersebut mengandung tinggi garam / kolesterol, dan dikonsumsi dengan frekuensi atau jumlah yang berlebihan. Karena pada seorang penderita hipertensi, tidak hanya mengkonsumsi obat, namun perlu juga menerapkan pola hidup sehat spt yang telah disebutkan diatas, disertai pembatasan asupan garam harian.

Untuk informasi Anda juga, kami sertakan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar