Sukses

Menghilangkan Bekas Cacar

05 Sep 2015, 09:53 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok.Obat untuk bekas cacar yg tumbuh benjolan keloid ?? Apakah brbahaya??dan Untuk Obat bopeng bekas cacar ????

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Terapi untuk bekas cacar sebenarnya dilakukan sesuai derajat keparahan dari bekas tersebut. Jika bekas ringan, di biarkan saja dengan sendirinya akan hilang dalam waktu beberapa tahun. Tapi bekas cacar yang sampai menimbulkan scar atau boppeng harus di terapi menggunakan beberapa cara. Bekas cacar atau scar bisa diatasi dengan beberapa treatment berikut :

  • Subcision

Jaringan parut atrofi bisa diatasi dengan subcision. Biasanya, cara ini dilakukan untuk mengatasi jaringan parut atrofi yang berupa rolling. Cara kerja subcision adalah merusak jaringan ikat yang menarik kulit, menggunakan jarum khusus. Hal itu akan membuat kulit di atasnya berangsur-angsur rata dengan permukaan kulit sekitarnya.

  • Filler

Cara kerja filler adalah menginjeksikan hyaluronic acid di bagian yang cekung atau bopeng, sehingga permukaan kulit akan tampak rata kembali. Tapi, sebelum tindakan filler, terlebih dulu dilakukan subcision untuk membebaskan jaringan ikat yang menarik kulit sehingga berbentuk cekung. Filler tersebut biasanya dilakukan untuk mengatasi jaringan parut berupa rolling.

  • Mikrodermabrasi

Jaringan parut atrofi juga bisa diatasi dengan mikrodermabrasi. Cara ini bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit mati di bagian atas. Karena itu, mikrodemabrasi biasanya digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang ringan atau superficial. Meski demikian, mikrodermabrasi juga bisa digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang sedang.

Untuk frekuensinya, mikrodermabrasi bisa dilakukan tiap dua minggu sekali, dan diulang minimal sepuluh kali. Frekuensi ini bisa dikonsultasikan dengan dokter agar bisa dilakukan sesuai kondisi.

  • Dermaroller

Bopeng di wajah bisa diatasi dengan dermaroller, yaitu menggunakan alat yang dilengkapi dengan jarum mikro (micro needling). Saat alat diaplikasikan, jarum ini akan membentuk luka kecil (mikro lesion). Luka tersebut menimbulkan inflamasi yang mampu merangsang kolagen untuk membuat perbaikan kulit. Dermaroller ini biasanya digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang tidak terlalu dalam. Hasil dari tindakan ini bisa dilihat setelah 5-6 bulan. Biasanya, dalam 5-6 bulan, scar akan berkurang sekitar 50-75 persen. Tapi selama itu, tindakan dilakukan satu bulan sekali, dan diulang minimal 3-5 kali.

  • Laser

Tindakan laser bisa digunakan untuk mengatasi semua bentuk jaringan parut atrofi. Laser yang digunakan bisa laser CO2, atau laser Nd:YAG. Keduanya bertujuan untuk merangsang kolagen sehingga terjadi perbaikan kulit. Laser CO2 bersifat ablatif, sehingga memerlukan anestesi topikal. Tindakan ini memerlukan waktu penyembuhan sekitar 2-4 minggu. Sedang laser Nd:YAG bersifat non-ablatif, biasanya tidak memerlukan anastesi topikal. Setelah menjalani laser Nd:YAG ini, pasien bisa langsung beraktivitas. Tindakan laser bisa dilakukan 3-4 minggu sekali, dan diulang minimal tiga kali. Namun, frekuensi tersebut bergantung pada tingkat keparahan jaringan parut.

Kami tidak dapat memberikan peresepan obat pada fitur ini. Untuk mendapatkan penanganan yang optimal, sebaiknya anda langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit kelamin.  Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar