Sukses

Nyeri Perut Kiri, Gejala Kanker Serviks? Harus Papsmear?

23 Jan 2016, 07:33 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat sore, sy wanita usia 21th . dok sy terkadang merasakan nyeri pda perut kiri bawah, apakah itu gejalan pda kanker serviks? jika sy ingin memeriksakan,apakah sy jg hrus d papsmear? kira-kira biayanya berapa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Keluhan Anda tsb idealnya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, karena keluhan nyeri perut bawah saja belum mengarah kepada gejala kanker serviks. Untuk menjawab pertanyaan anda berikutnya, kami akan terlebih dahulu menjelaskan mengenai kanker serviks.

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina, Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), sebagian besar disebabkan oleh HPV-16 dan HPV-18.

Faktor risiko kanker serviks diantaranya:

  • Hubungan seksual pertama kali < 16 tahun
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Jumlah kehamilan/jumlah anak banyak
  • Merokok
  • Kontrasepsi: penggunaan kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama (>5 tahun) meningkatkan risiko kanker leher rahim sebanyak 2 kali. 
  • Daya tahan tubuh lemah:  pada wanita imunokompromise  (penurunan kekebalan tubuh) seperti transplantasi ginjal dan HIV, dapat mengakselerasi (mempercepat) pertumbuhan sel kanker dari noninvasif menjadi invasif (tidak ganas menjadi ganas)
  • Infeksi HPV (Human Papilloma Virus)

Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, maka Anda harus menghindari faktor risiko yang disebutkan di atas. Selain itu, Anda dapat melakukan vaksinasi HPV.

Gejala kanker serviks:

  • Perdarahan abnormal atau flek (bercak perdarahan) yang keluar dari vagina terutama setelah melakukan hubungan seksual. Perdarahan dapat ditemukan di antara 2 siklus haid, saat haid (jumlah perdarahan haid bertambah), bahkan setelah menopause. 
  • Stadium lanjut: bercak vagina yang berbau, penurunan berat badan, dan obstruksi (sumbatan) dalam berkemih, nyeri panggul.

Cara mendeteksi tanda paling awal yang dapat ditemukan sebelum berkembangnya kanker serviks (lesi pra-kanker serviks) memang hanya dapat ditemukan melalui pemeriksaan pap smear atau IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) yang dilakukan oleh dokter umum/spesialis kebidanan dan kandungan. Jika Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual maka dapat dilakukan pemeriksaan vagina dengan papsmear. Namun, pemeriksaan ini hanya ditujukan pada wanita yang telah menikah.

Jadi, walaupun anda sudah pernah berhubungan intim, namun belum menikah, maka akan sulit untuk melakukan pemeriksaan tersebut, terkait dengan surat persetujuan (informed consent) pemeriksaan tsb.

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah pengetahuan Anda tentang kanker serviks.

Kanker Serviks

Vaksin HPV Mencegah Kanker Serviks

Inilah Tes-tes Untuk Periksa Kanker Serviks

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar