Sukses

Gusi Sering Berdarah

22 Apr 2015, 13:48 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dok saya mau tanya untuk anak gadis saya. Umur 19 tahun. Gusinya seringkali berdarah. Bahkan saat2 tertentu (sebab tidak begitu jelas) ditekan menggunakan ludah saja bisa berdarah. Apa penyebabnya ya dok? Apa yang sebaiknya kami lakukan? Terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi gusi anak Anda. Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Penyebab yang paling umum dari gusi berdarah adalah peradangan yang disebabkan oleh karena karang gigi. Jika setelah karang gigi dibersihkan gusi masih sering berdarah maka perlu dicurigai adanya penyebab lain.Maka untuk memastikan apakah gusi berdarah yang Anda alami ketika menggosok gigi adalah karena karang gigi atau bukan diperlukan pemeriksaan ke dokter gigi dan bersihkanlah karang gigi Anda. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
  3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
  6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
  7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Untuk memastikan penyebab dari kondisi gusi ini maka sebaiknya segera periksakan keadaan ini ke dokter gigi. Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar