Sukses

Gejala Cacingan Pada Anak

23 Jan 2016, 11:06 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok, saya punya anak umur nya 18 bln tapi berat badan nya baru 8.2 kg,tinggi nya 74 cm.anak saya termasuk anak yg susah makan sih dok, yg saya mau tanyain apakah anak saya terkena cacingan dok? trs kalo di kasih obat cacing uda blh blm? t'makasi dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk itu kami akan terlebih dahulu menjelaskan Penyakit cacingan pada anak.

Cacingan adalah salah satu penyakit yang tergolong tinggi kejadiannya di Indonesia, dan terutama mengenai anak saat musim hujan dan banjir. Siapapun dapat terinfeksi cacing jika pola hidupnya kurang higienis. Oleh sebab itu tidak sedikit orangtua yang ingin memberikan obat cacing pada anak mereka sebagai tindakan pencegahan. Hanya sedikit yang mengetahui bahwa sebenarnya obat cacing hanya diberikan pada anak yang diduga menderita cacingan. Kuncinya adalah pada pemeriksaan fisis dan penunjang (pemeriksaan tinja) untuk memastikan kondisi tersebut. Beberapa gejala dan tanda pada anak yang dicurigai menderita cacingan adalah:

  • anak gelisah pada malam hari dan seringkali menggaruk bokongnya karena gatal
  • berat badan tidak naik meski nafsu makan anak baik
  • anak tampak kurus dengan perut membuncit
  • anak tampak lesu dan tidak bergairah
  • demam yang hilang timbul
  • gangguan lambung dan usus seperti mual dan diare berkala
  • ditemukannya larva cacing atau cacing pada tinja anak (tanda pasti)

Apakah anak Anda memiliki salah satu dari tanda atau gejala tersebut di atas? Apakah ia telah melakukan pemeriksaan tinja? Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikannya.

Dan seperti yang telah kami singgung sebelumnya bahwa cacingan dapat dialami siapa saja yang memiliki pola hidup kurang higienis, yang terbaik untuk menanggulangi cacingan pada anak adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. Cacing dapat masuk ke  dalam tubuh anak melalui makanan yang pengolahannya tidak benar. Sebagai contoh: sayuran yang tidak dicuci bersih, atau daging yang dimasak kurang matang. Selain itu, cacing juga dapat masuk melalui pori-pori kulit. Mengingat anak-anak umumnya senang bermain dengan binatang peliharaan, bermain tanah, dan kotor-kotoran, orangtua perlu membiasakan anak mereka agar mencuci tangan sebelum dan setelah ia bermain. Orangtua juga sangat dianjurkan untuk mencuci sayuran dengan air mengalir dan memasak daging hingga benar-benar matang.

Sedangkan untuk memastikan apakah anak anda terkena cacingan atau tidak, dan bila iya, untuk mendapatkan pengobatannya kami anjurkan anda memeriksakan anak kepada dokter spesialis Anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar