Sukses

Mengatasi Biduran dan Bekas Cacar

19 May 2015, 10:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok, saya ingin bertanya mengenai masalah kulit saya. Semenjak kecil sampai sekarang setiap lari atau berjalan terlalu cepat kulit saya menjadi gatal-gatal tanpa timbul apapun seperti bentol atau memerah, tapi rasanya gatal sekali, kenapa bisa demikian dok, bagaimana cara supaya tidak terjadi lagi?. Disamping itu saya masih memiliki bekas cacar sewaktu masih kecil ditangan yang sampai sekarang belum bisa hilang, bagaimana cara menghilangkannya dok?.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Jika bentol yang anda alami berukuran besar, seperti pulau-pulau yang menimbul diatas permukaan kulit, dan tersa sangat gatal, maka memang kemungkinan kondisi yang anda alami tersebut merupakan proses alergi atau disebut urtikaria, atau biduran (lebih dikenal masyarakat).

Pencetusnya dapat berupa perubahan kondisi suhu lingkungan, misalnya cuaca yang dingin atau cuaca panas, mandi dengan air dingin / mandi dimalam hari, debu dan hal lain yang serupa. Pada penyebab akibat cuaca panas, bentol yang timbul dapat berukuran lebih kecil menyerupai biang keringat, namun tetap terasa gatal, dan dapat hilang dengan sendirinya.

Jika benar kondisi tersebut merupakan urtikaria, disaaat serangan terjadi, anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi (antihistamin) tanpa resep dokter, namun harus sesuai dengan petunjuk dan dosis obat tersebut.\

Namun yang terpenting dari penanganan urtikaria adalah, menghindari pencetusnya. Jika anda sudah mengenai faktor pencetus anda, sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk menghindari hal tersebut.

Namun kami tetap mengharapkan anda untuk tetap melakuakn pemeriksaan kepada dokter terdekat, terutama apabila kondisi ini terus berlanjut, untuk dapat memastikan penyebab kondisi anda dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Sedangkan Lesi kulit yang sulit hilang paska terkena penyakit cacar dapat berupa jaringan keloid yang menonjol atau berupa lapisan kulit yang masuk ke dalam. Bekas cacar dapat dihilangkan dengan beberapa cara, seperti dengan terapi laser, dermabrasi, chemical peeling, dan lain sebagainya.  Namun, penanganan bekas cacar ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman lesi pada kulit. Pada keadaan ringan, bekas cacar dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas cacar, dan jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 di pagi hari. 

Selain itu, bekas cacar juga dapat disamarkan dengan penggunaan krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas cacar adalah prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim yang mengandung asam retinoat, chemical peeling dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Lesi kulit bekas cacar yang berupa keloid, dapat diobati dengan memberikan krim anti keloid yang mengandung anti inflamasi dan silikon, radiasi, terapi tekanan, cryotherapy, suntikan pada bekas luka yang menonjol dengan kortikosteroid, dan terapi laser.

Kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terlebih dahulu sehingga jenis terapi dapat disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini, karena sebelum memilih ataupun melakukan suatu prosedur tertentu, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu baik mengenai kedalaman lesi bekas cacar, jenis kulit ataupun reaksi alergi. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar