Sukses

Bintik Berwarna Kuning Pada Bagian Putih mata

26 Jan 2016, 11:52 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok,Saya mau bertanya pada awalnya mata saya normal,tetapi sekarang di daerah warna pu ihnya timbul bintik bintik ber warna agak kuning,sehingga warna putihnya tersebut tidak merata berwarna putih,malah yang atasnya putih bersih,yang tengahnya agak kekuning kuningan,penyebab dn solusinya gimana dok??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab gangguan mata Anda tanpa memeriksa secara langsung keadaan mata Anda. Kami tentunya tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik dalam konsultasi ini. Keluhan Anda memang paling baik diketahui dengan pemeriksaan mata langsung oleh dokter spesialis mata.

Dugaan kami, keluhan Anda dalam dunia medis disebut dengan pinguecula. Pinguecula adalah selaput kekuningan yang merupakan penumpukan lemak pada konjungtiva mata (terlihat pada bagian mata yang berwarna putih), di sisi kiri maupun kanan bagian hitam mata. Seringkali terdapat di bagian sebelah dalam mata. Pinguecula ini juga dapat menyebabkan mata kemerahan. Seringkali pinguecula muncul akibat dari iritasi kronik oleh angin, debu dan paparan sinar ultraviolet matahari. Kondisi ini tidak termasuk berbahaya, namun dapat mengalami iritasi. Kemungkinan iritasi yang terjadi adalah gangguan yang disebut sebagai radang pada mata Anda. Saat ini iritasi atau radang kemungkinan besar sudah sembuh karena bintik sudah tidak ada. Pinguekula berbeda dengan katarak. Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan di lensa, pemecahan protein lensa, atau kedua-duanya.

Anda dapat membantu melindungi mata Anda dan mengurangi iritasi dengan menggunakan kaca mata hitam atau topi saat keluar rumah. Jika terjadi iritasi, gunakanlah obat tetes mata yang dijual bebas. Jika Anda masih merasakan keluhan tersebut mengganggu atau pinguecula tersebut meluas, segeralah menemui dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan dokter.

Demikian jawaban yang dapatkami berikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar