Sukses

Penyempitan Pada Esofagus

20 Jan 2016, 07:39 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, saya mau tanya penyempitan pada esofagus pada distal. itu bisa disembuhkan tidak? karena saya sudah berobat dan sekalian di endeskopy dan hasil nya normal semua. kesimpulan dari endeskopy itu : esofagitis normal. hiatus hernia esofagus sliding ringan. gastritis antrum. polip bulbus. tapi perbuhan nya tidak ada, masih aja sulit makan atau pun minum pada tengggorakan, dan muntah dengan tiba2. gimana ya dok cara pengobatan selanjutnya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan ekonsultasi klikDokter.com

Kami memahami rasa tidak nyaman yang anda alami. Kesulitan untuk menelan makanan dan/atau minuman dapat disebut sebagai gejala disfagia.

Beberapa keluhan lain yang dapat menyertai keluhan sulit menelan adalah nyeri waktu menelan ( odinofagia), rasa terbakar di leher hingga dada, rasa mual dan muntah, muntah darah (hematemesis), berak berdarah (melena) batuk dan berat badan berkurang.

Berdasarkan penyebabnya, disfagia dibagi menjadi tiga bagian

  • Disfagia mekanik, sumbatan rongga esophagus oleh massa, peradangan, penyempitan, atau penekanan dari luar.
  • Disfagia motorik, adanya kelainan pada system saraf yang berperan dalam proses menelan
  • Disfagia karena gangguan emosi

Terapi terbaik untuk Disfagia adalah terapi langsung pada penyebab disfagia itu sendiri. Dalam kasus Anda, perlu dipastikan lagi penyebab penyempitan esofagus bagian distal tersebut,apakah karena terdapat massa/tumor dari dalam, atau penekanan dari luar.. Pada gangguan menelan akibat massa yang menekan biasanya digunakan terapi bedah.

Untuk mendapatkan kepastian jawaban dari rencana terapi yang dapat Anda jalani, maka sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit Dalam yang sebelumnya menangani kasus Anda.

Demikian, semoga informasi ini dapat membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar