Sukses

Bentuk Kaki 'O'

01 Nov 2015, 12:56 WIB
Pria, 15 tahun.

Permisi dok mau tanya , di usia 15 tahun , kaki saya terlihat melengkung dan lutut saya jg tidak menempel , jaraknya sekitar 4-5 cm, saya berpikir klo kaki saya letter o . Dari info yang saya baca , masalah ini harus diukur dahulu derajat kelengkungannya agar dokter dapat memastikannya . Pertanyaan saya dok , 1. Bagaimana cara mengukur derajat kelengkungannya ? 2.apakah perlu merubah kebiasaan yang bersangkutan dengan kaki atau terapi untuk mengembalikan normal 3.apakah berolahraga seperti bola kaki atau futsal dapat memperparah kaki letter o ? 4.menurut dokter adakah kemungkinan bisa kembali normal ? Trimah kasih dok , mohon petunjuknya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Congenital Talipes Equino-varus (CTEV) atau biasa disebut Clubfoot merupakan deformitas yang umum terjadi pada anak-anak, yang dalam istilah awam disebut dengan bentuk ‘kaki pengkor’, ‘kaki bengkok’, atau ‘kaki O’.

CTEV merupakan kelainan kongenital kaki yang paling penting karena mudah mendiagnosisnya tetapi sulit mengkoreksinya secara sempurna, meskipun oleh ortopedis yang berpengalaman. Derajat beratnya deformitas dapat ringan, sedang atau berat, tergantung fleksibilitas atau adanya resistensi terhadap koreksi. CTEV harus dibedakan dengan postural clubfoot atau posisional equinovarus dimana pada CTEV bersifat rigid, menimbulkan deformitas yang menetap bila tidak dikoreksi segera.

Terdapat beberapa metode penanganan dari congenital talipes equinovarus (CTEV). Secara umum dibagi menjadi dua yaitu metode non bedah dan metode bedah.

  • Metode non bedah: Metode non bedah meliputi pemakaian semacam papan/ bidai pada kaki anak. Pemakaian semacam bidai pada anak dimaksudkan untuk menjaga posisi kaki agar tetap menyerupai keadaan yang normal.
  • Metode bedah: Dalam metode ini dilakukan intervensi untuk memperbaiki kondisi tendon, otot yang mengelilingi telapak kaki. Dengan demikian diharapkan setelah operasi kaki anak akan lebih kuat untuk berjalan secara normal.

Saran kami sebaiknya Anda periksakan langsung kepada dokter spesialis ortopedi. Agar dapat ditentukan apakah bentuk kaki anda termasuk tidak normal, dan derajat keparahannya, sehingga terapi nya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar