Sukses

Menderita TB Paru

20 Jan 2016, 07:59 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, sya didiagnosa menderita TB paru, saat ini sya memasuki bulan ke 6 pengobatan dengan konsumsi obat 3 x dlm seminggu. Yang mau sya tanyakan : 1. Bgaimn carany biar cepat sembuh? Apakah suhu ruangan berpengaruh terhadap penyembuhan? 2. Bisakah penularan lewat hub.intim dan apakah diperbolehkan hamil? Terima kasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 (pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Pengobatan harus terus berjalan dan rutin diminum sesuai jadwal (tidak ada yang terlewat) dan sesuai tahapannya. Mungkin Anda akan membutuhkan pengawas minum obat (PMO) untuk memastikan obat TB diminum setiap hari agar tidak terlewat. PMO yang dipilih biasanya keluarga terdekat seperti anak, istri/suami, atau orang tua.

Hasil pengobatan dapat diketahui setelah pemeriksaan dahak dan rontgen ulangan untuk mengetahui kondisi paru. Jika memang terbukti gagal maka akan dilakukan evaluasi ulang dan pemeriksaan kekebalan bakteri, untuk kemudian diobati dengan obat yang lebih kuat untuk mengatasi kuman TBC tersebut.

Apakah TBC bisa sembuh? Bisa. Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa pengobatan Anda berjalan dengan baik, lengkap dan selesai. Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi cukup untuk menunjang sistem pertahanan tubuh(imunitas). Anda juga perlu istirahat yang cukup. Anda juga perlu kontrol ke dokter Anda untuk mengetahui perkembangan respon pengobatan.

Secara umum, suhu ruangan tidak berpengaruh pada proses penyembuhan. Yang anda perlu perhatikan adalah menjaga kekebalan tubuh dengan istirahat yang cukup pada suhu ruangan yang membuat anda berisitirahat dengan nyaman.

Seorang penderita TB masih bisa hamil, dan seperti ibu hamil lainnya, anda perlu melakukan ANC secara teratur dan tetap menjalani pengobatan anda hingga sembuh.

TB tidak menular secara langsung lewat hubungan intim. Namun, bisa saja terjadi penularan saat melakukan hubungan intim yaitu ketika anda batuk dalam jarak dekat, kemudian dahak yang mengandung kuman terhirup oleh pasangan Anda, kemudian terjadilah penularan kuman TB. Namun, bukan berarti anda tidak boleh berhubungan intim, yang anda perlukan adalah memahami etika batuk, yaitu;

  • memalingkan tubuh dari orang dihadapan anda ketika ingin batuk / bersin
  • menutup mulut dan hidung saat batuk / bersin
  • bila menutup dengan tangan, segera cuci tangan
  • bila menutup dengan tissue segera buang, dan cuci tangan
  • bila dengan sapu tangan, simpanlah dengan baik, jangan sampai orang lain kontak dengan sapu tangan anda.

Berikut kami sertakan artikel:Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda. Semoga Anda cepat sembuh!

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar