Sukses

Memelihara Anjing Sebabkan Susah Punya Anak?

21 Jan 2016, 07:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya memelihara anjing di dalam kost. tiap hari saya selalu membersihkan kandang dan kost saya dari kotoran mereka dan vaksin teratur. selama ini saya tidak pernah membiarkan untuk tidur satu ranjang dengan anjing saya. Dan ranjang saya tinggi sehingga mereka tidak bisa menjangkau untuk naik jika sedang ditinggal kerja. Ada kecemasan dalam diri saya, apakah dengan memelihara anjing saya akan susah punya anak? apakah dengan memelihara anjing dalam kamar kost akan menyebabkan terkena Torch??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Pertama kami akan menjelaskan tentang penyakit TORCH. TORCH merupakan suatu kumpulan infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, virus Rubela, Citomegalovirus (CMV), dan Herpes Simpleks Virus (HSV). TORCH yang berada dalam keadaan tidak aktif di dalam tubuh tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa pada penderitanya dan tidak akan menular kepada pasangan. Namun, ketika daya tahan tubuh anda menurun, misal saat hamil atau sakit berat, infeksi tersebut dapat menilmbulkan beberapa gejala-gejala tergantung penyebabnya, seperti timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh disertai badan panas (akibat rubela), timbulnya gangguan penglihatan (akibat CMV), timbulnya kumpulan vesikel-vesikel (gelembung) kecil pada kulit yang tampak merah dan sakit (akibat HSV), dll. Saat sedang kambuh dan menimbulkan gejala-gejala tersebut, virus rubela, CMV dan herpes dapat ditularkan kepada pasangan melalui hubungan seksual, air liur, lewat udara, kontak fisik, dll.

Memelihara bintang dalam kamar sebenarnya tidak berbahaya, namun jika Anda berencana untuk hamil sebaiknya Anda perlu ekstra waspada dan melakukan pemeriksaan TORCH sebelum kehamilan. Infeksi Toksoplasma yang mengancam kehamilan dapat terjadi karena pada kotoran binatang (kucing, anjing) berisiko terdapat parasit tersebut. Oleh karena itu lakukan ANC (Ante Natal Care) dengan teratur agar kondisi kehamilan Anda nanti  terpantau dengan baik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar