Sukses

Asam Lambung Naik

16 Nov 2015, 17:48 WIB
Pria, 15 tahun.

Assalamualaikum wr.wb, nama saya Bachrain Arief, Umur 15 Tahun, dok Waktu itu saya sempat sesak nafas saya bawa ke rumah sakit katanya Asam Lambung Naik, udah 2 minggu enakan, cuman kalo ketakutan suka sesak nafas dok, gak happy, saya pemain bola nah saya mau liga bulan oktober, apakah sudah boleh berlatih seperti biasa dok? apa perlu dicek kembali? yang saya rasakan adalah: - Ketakutan karna Mati dok :D blm bahagian orang tua soalnya. - kadang sesek nafas panjang kalo ketakutan, padahal dulu gak terlalu - Perut kembung, serasa udah ke isi padahal blum Ngatasinya harus gimana dok? saya sudah makan Teratur dan Minum Air putih hangat tiap hari yang harus saya lakukan bagaimana, biar kembali normal seperti dulu? Terima Kasih Dokter :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sakit maag dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung karena asam lambung yang tinggi. Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
  • infeksi Helicobacter pylori
  • refluks cairan pankreas dalam lambung

Pada kondisi normal, permukaan dalam lambung manusia dilapisi oleh semacam mukus atau lendir sehingga terlingdung dari asam lambung yang dihasilkannya. Akibat dari adanya penyebab diatas, menimbulkan luka atau ulkus pada permukaan lambung sehingga terjadi kontak antara asam lambung dan jaringan dibawahnya yang berakhir pada rasa nyeri. Hal ini juga berlaku pada peningkatan asam lambung sehingga lapisan mukus atau lendir lambung tidak lagi mampu menetralisirnya.

Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

 Untuk mengatasi maag, yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Bila keluhan maag kambuh dan nyeri tidak tertahankan, dapat diberikan obat-obatan berupa obat anti-mual serta obat maag, seperti golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), PPI (contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole). Obat-obatan yang diberikan pada penderita magg memiliki cara kerja yang berbeda-beda untuk mengatasi gejala sesuai dengan kebutuhan, ada yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung, melindungi mukosa asam lambung, mengurangi produksi ataupun memblok produksi asam lambung. Untuk evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Kami sertakan Artikel terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar