Sukses

Jantung Berdebar & Keluhan Sendawa

17 Apr 2015, 13:06 WIB
Pria, 28 tahun.

Sering berdebar tidak teratur,slalu terbangun tengah malam, stres, sendawa.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah sering berdebar, terbangun tengah malam, stres dan sendawa. 

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

  2. Latihan fisik yang terlalu berat.

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  6. Obat-obat pelangsing, asma.

  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Keluhan jantung berdebar bisa saja berkaitan dengan kondisi stres yang Anda alami. Jika keluhan Anda telah terjadi dalam waktu yang lama, rutin dan mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan denyut nadi dan pemeriksaan bunyi jantung. Dokter juga biasanya akan melakukan pemeriksaan seperti rekam jantung. Pada dasarnya kelainan jantung tidak lazim ditemukan pada usia muda. 

 

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan atau minuman yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

Asupan udara

Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Hindari berbaring setelah makan

Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stres berlebih.

Konsumsi Jahe

Konsumsi jahe, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Olahraga 

Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Sering sendawa pada umumnya juga dapat disebabkan karena perut kembung. Untuk itu, kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:

4 Makanan Penyebab Perut Kembung

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Menghilangkan Kembung

5 Cara Cegah Gangguan Pencernaan

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar