Sukses

Asma dan Gastritis

16 Apr 2015, 09:39 WIB
Wanita, 30 tahun.

Ibu saya penderita asma dan gastritis lalu bagaimana sebaiknya penangannnya saat serangan? Smtr ini saat serangan biasa memakai obat yg disemprot ke mulut, apakah ada efek jangka panjangnya nanti?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Asma memiliki pengertian penyakit gangguan saluran pernapasan yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten yang disebabkan penyempitan otot saluran pernapasan akibat peradangan dan produksi lendir berlebihan. Asma merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti, beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah:

  • Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

Secara umum, terdapat dua jenis obat dalam penatalaksanaan asma, yaitu obat pengendali (controller) dan pereda (reliever). Obat pengendali merupakan profilaksis serangan yang diberikan tiap hari, ada atau tidak ada serangan/ gejala, sedangkan obat pereda adalah yang diberikan saat serangan.

Pengobatan asma secara cepat/jangka pendek yaitu dengan menggunakan obat pelega saluran pernafasan seperti inhaler dan nebulizer yang berfungsi menghentikan serangan asma. Pengobatan jangka panjang yang berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan asma adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti steroid berfungsi untuk tetap membuat saluran pernafasan terbuka dan mengurangi pembengkakan. Selain dengan obat apabila Anda sudah mengetahui penyebab kambuhnya asma pada Anda maka hal terserbut harus Anda hindari. Obat yang saat ini Ibu Anda gunakan memiliki efek lokal sehingga tergolong aman sehubungan dengan penyakit lambungnya dan apabila digunakan dalam jangka panjang. 

Untuk mengurangi gejala gastritis yang Ibu Anda rasakan dapat mencoba tips berikut. 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan 

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk panduan informasi lengkap Anda:

Terlalu Sering Pakai Inhaler Memperparah Asma.

Pengetahuan Praktis Tentang Asma

18 Cara Cegah Asma Kambuh

Demikian informasi yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar