Sukses

Gigi Susu Karies, Perlu Dicabut ?

17 Apr 2015, 14:40 WIB
Wanita, 35 tahun.

anak saya umur 4thn 4bln dan 2thn 4bln mengalami yg nmanya karies gigi bagian atas dan dalam yg saya mau tanyakan apk pertumbuhan gigi anak saya nanti bisa normal jika giginya itu tidak tanggal secara alami( goyang lalu dicabut) soalnya gigi depan anak sy itu sdh keropos (patah), jika dicabut pdhal blm goyang apk nanti bisa tumbuh normal lagi?? terima kasih sebelumnya u jawabannya dok!

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Ibu terhadap anak-anak yang mengalami masalah pada giginya.Sebelum menjawab langsung pertanyaa Anda, Kami akan memaparkan sedikit mengenai kerusakan atau karies gigi pada anak.  Kerusakan pada gigi bayi atau anak usia dibawah 5 tahun yang umum adalah karena pola makan yang salah dan kebersihan giginya yang tidak maksimal. Pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai tertidur sangat beresiko merusak gigi hingga gigi menjadi berlubang. Perlu Anda ketahui bahwa pemberian susu dalam botol dot dalam jangka waktu yang lama atau sering atau sampai anak tertidur adalah suatu kebiasaan yang sangat destruktif bagi gigi anak terlebih lagi jika gigi anak tidak terjaga kebersihannya 

Sebaiknya selalu jaga kebersihan gigi anak dengan membersihkannya dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, dan hindari kebiasaan yang beresiko terhadap kesehatan gigi anak. Jangan biarkan anak Anda tertidur dalam keadaan gigi dan rongga mulut yang tidak bersih.

Pada kondisi gigi anak yang karies ini perlu penanganan khusus oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak, jika kondisinya memungkinkan dan sesuai indikasi maka gigi tersebut dilakukan perawatan penambalan, namun jika sudah tidak dapat ditambal atau perawatan lainnya, maka dokter gigi akan memutuskan apakah gigi harus dicabut agar tidak membahayakan kesehatan jaringan sekitarnya. Pada gigi susu yang dicabut sebelum waktunya maka dokter gigi akan membuatkan suatu alat (space maintener) yang berfungsi untuk mempertahankan ruangan untuk tumbuhnya gigi tetap penggantinya. 

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar