Sukses

Nyeri Saat Menunduk & Hidung Tersumbat

16 Apr 2015, 16:38 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok saya hampir setiap bulan mengalami sakit dibagian alis sebelah kiri,apalagi saat saya menunduk&jika ditekan semakin terasa sakit. Tetapi biasanya dibarengi dengan hidung mampet&tersumbat. Dan sekarang hanya sakit di alis tanpa dibarengi hidung mampet. Itu kenapa ya dok? Tks.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri di daerah alis disertai hidung mampet dan tersumbat dan nyeri saat menunduk. 

Keluhan Anda bisa saja diakibatkan oleh sinusitis. Namun diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui diagnosa pasti dari keluhan Anda. Apakah Anda juga mengalami flu, keluar cairan hijau-kuning dari hidung, atau nyeri pada wajah?

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan sinusitis di antaranya adalah infeksi saluran napas dan infeksi gigi (terutama bagian atas). Sedangkan pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala tersebut di antaranya adalah antihistamin dan steroid.

Setiap faktor perlu digali untuk menentukan terapi yang sesuai.  Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan diketahui apakah keluhan Anda memang sinusitis atau terdapat penyakit lain.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar