Sukses

Bahaya Merokok

15 Apr 2015, 07:58 WIB
Pria, 45 tahun.

Apa bahaya merokok bagi laki2 atau perempuan, baik yg lajang maupun utk yg sdh berkeluarga? Besar mana risiko bhya merokok bagi laki2 atau perempuam? Meski rokok bisa membuat organ reproduksi terganggu tpi mengapa byk jg yg msh melakukannya?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Tidak ada perbedaan tingkat bahaya merokok antara laki-laki dan perempuan, tua dan muda. Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok secara umum.

Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Atau juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim. Aterosklerosis atau pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi.

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.  Asap rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya seperti benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Partikel ini akan mengendap di saluran napas dan sangat berbahaya bagi tubuh. Endapan asap rokok juga mudah melekat di benda- benda di ruangan dan bisa bertahan sampai lebih dari 3 tahun, dan tetap berbahaya.

Merokok dapat menimbulkan kecanduan karena ada zat nikotin yang mengakibatkan sifat adiktif. Selain itu, pengaruh keluarga, teman, film, maupun tekanan stres juga dapat mendorong orang untuk merokok.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar